PENERAPA METODE BERCERITA DALAM PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SUNGAI NAIK KEC BTS ULU KABUPATEN MUSI RAWAS

Downloads

Downloads per month over past year

ANGGITA, AMELIA (2025) PENERAPA METODE BERCERITA DALAM PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SUNGAI NAIK KEC BTS ULU KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
AMELIA ANGGITA_2111210197.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bercerita diterapkan dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Sungai Naik. Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode bercerita dalam proses belajar PAI di SD N Sungai Naik, serta faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode tersebut untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam memahami materi PAI di SDN Sungai Naik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan sesuai dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita adalah strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya di jenjang Sekolah Dasar. Dengan menyampaikan materi dalam bentuk cerita yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, siswa menjadi lebih tertarik, mudah memahami nilai-nilai ajaran Islam, serta mampu menghubungkan cerita dengan perilaku baik yang bisa diterapkan dalam kehidupan mereka. Selain meningkatkan pemahaman (aspek kognitif), metode ini juga memberikan dampak positif pada aspek emosional, seperti mendorong rasa cinta kepada Nabi, membangun sikap jujur, amanah, dan sabar. Dalam penerapan metode bercerita terdapat dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung terdiri dari minat dan antusiasme siswa yang tinggi, tersedianya cerita islami yang banyak dan relevan, peran guru yang kreatif dan ekspresif, materi yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, lingkungan kelas yang mendukung, serta dukungan dari media pembelajaran. Faktor penghambat meliputi keterbatasan kemampuan guru dalam bercerita, keterbatasan waktu pembelajaran, minimnya media dan sumber cerita, kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah, keterbatasan pemahaman siswa terhadap kosakata atau isi cerita, serta perbedaan tingkat konsentrasi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi19810212009011013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: enerapan, Metode Bercerita, Pembelajaran PAI, Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:21
Last Modified: 01 Oct 2025 07:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5632

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year