ANGGITA, AMELIA (2025) PENERAPA METODE BERCERITA DALAM PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SUNGAI NAIK KEC BTS ULU KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
AMELIA ANGGITA_2111210197.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bercerita diterapkan dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Sungai Naik. Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode bercerita dalam proses belajar PAI di SD N Sungai Naik, serta faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode tersebut untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam memahami materi PAI di SDN Sungai Naik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan sesuai dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita adalah strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya di jenjang Sekolah Dasar. Dengan menyampaikan materi dalam bentuk cerita yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, siswa menjadi lebih tertarik, mudah memahami nilai-nilai ajaran Islam, serta mampu menghubungkan cerita dengan perilaku baik yang bisa diterapkan dalam kehidupan mereka. Selain meningkatkan pemahaman (aspek kognitif), metode ini juga memberikan dampak positif pada aspek emosional, seperti mendorong rasa cinta kepada Nabi, membangun sikap jujur, amanah, dan sabar. Dalam penerapan metode bercerita terdapat dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung terdiri dari minat dan antusiasme siswa yang tinggi, tersedianya cerita islami yang banyak dan relevan, peran guru yang kreatif dan ekspresif, materi yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, lingkungan kelas yang mendukung, serta dukungan dari media pembelajaran. Faktor penghambat meliputi keterbatasan kemampuan guru dalam bercerita, keterbatasan waktu pembelajaran, minimnya media dan sumber cerita, kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah, keterbatasan pemahaman siswa terhadap kosakata atau isi cerita, serta perbedaan tingkat konsentrasi siswa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | enerapan, Metode Bercerita, Pembelajaran PAI, Siswa | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:21 | ||||||||||||
| Last Modified: | 01 Oct 2025 07:21 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics