MUSSTIKA, A’ISYAH (2025) PENGARUH SELF AWARENESS TERHADAP SELF CONTROL SISWA DI MAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (832kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI SKRIPSI AISYAH MUSSTIKA NIM. 2111320058.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat self awareness dan self control siswa serta menganalisis pengaruh signifikan antara self awareness terhadap self control siswa di MAN 1 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena rendahnya kontrol diri sebagian siswa, yang tercermin dalam perilaku impulsif, konflik dengan teman, dan ketidakmampuan mengelola emosi. Self awareness, yang mencakup kemampuan mengenali emosi, kekuatan, serta kelemahan diri, diyakini berperan penting dalam meningkatkan kemampuan pengendalian diri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Sampel penelitian berjumlah 267 siswa kelas X dan XI, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket berskala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan nilai Alpha Cronbach sebesar 0,829 (>0,60), menunjukkan instrumen tersebut layak digunakan. Analisis data dilakukan melalui uji prasyarat (uji normalitas, homogenitas, dan linearitas) dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self awareness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap self control. Persamaan regresi diperoleh Y = 3,430 + 1,405X dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,894, yang berarti 89,4% variasi self control dipengaruhi oleh self awareness. Hal ini dapat dilihat juga bahwa tingkat self awareness siswa MAN 1 Kota Bengkulu berada pada kategori tinggi dengan frekuensi 22% dan kategori sangat tinggi sebesar 77%. Pada tingkat pengendalian diri (self control) siswa mayoritas berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 76%. Sebanyak 16% siswa berada pada kategori tinggi, sementara 8% berada pada kategori rendah. Tidak ada siswa yang berada pada tingkat sangat rendah dan sangat tinggi. Temuan ini menegaskan bahwa self awareness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap self control. Dengan demikian, peningkatan self awareness siswa dapat berkontribusi langsung terhadap peningkatan self control mereka, yaitu semakin tinggi self awareness yang dimiliki siswa maka semakin baik pula siswa dalam mengatur dorongan, menahan emosi serta mengambil keputusan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi guru bimbingan konseling dalam merancang program pengembangan kesadaran diri untuk mendukung peningkatan kontrol diri siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | self awareness, self control, siswa MAN 1 Kota Bengkulu | ||||||||||||
| Subjects: | Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 01:15 | ||||||||||||
| Last Modified: | 02 Oct 2025 01:15 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics