Baladewa, Liberta Putra (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB N 3 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAPTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (305kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
Liberta Putra Baladewa_2011210017.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi kurikulum merupakan penerapan atau pelaksanaan program kurikulum yang telah dikembangkan dalam tahap sebelumnya, kemudian diujicobakan dengan pelaksanaan dan pengelolaan, sambil senantiasa dilakukan penyesuaian terhadap situasi lapangan dan karakteristik peserta didik, baik perkembangan intelektual, emosional, serta fisiknya. Penelitian ini berfokus pada implementasi kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLBN 03 Kota Bengkulu dengan tujuan Untuk mengetahui proses implementasi Kurikulum Merdeka dan Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka Dalam pembelajaran PAI Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negri 3 Kota Bengkulu.Penelitian yang dilaksanakan oleh penulis ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analitis. Dimana konsep dasar penelitian jenis ini yaitu bahwa teori dibentuk dari konteks sosial pendidikan yang menjadi sasaran penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Implementasi kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLBN 03 Kota Bengkulu masih berada dalam tahap adaptasi. Pihak sekolah mencoba mengintegrasikan kebutuhan individual siswa ke dalam pembelajaran. Pendekatan berbasis proyek dan assesmen yang lebih fleksibel sangat membantu, tetapi tetap memerlukan waktu untuk benar-benar menerapkan semua aspeknya secara maksimal. 2). Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tentunya menjadi pengaruh untuk tercapainya suatu tujuan Pendidikan. Faktor pendukungnya tidak terlepas dari kolaborasi dukungan antara guru, orangtua dan profesional Pendidikan lainnya juga sangat membantu. Sedangkan untuk faktor penghambat di SLBN 03 Kota Bengkulu adalah keterbatasan sarana khusus yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Berkebutuhan Khusus,Implementasi, Kurikulum Merdeka, | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2025 03:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Oct 2025 03:57 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year