Sahnaki, M Rexsy (2024) INTEGRASI GURU MEMBENTUK SIKAP PLURALIS DALAM NILAI-NILAIPENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI MAN 02 KEPAHIANG. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
M.REXSY SAHNAKI_2011210089.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Integrasi guru membentuk sikap pluralis dalam nilai-nilai pendidikan agama iskam siswa di MAN 02 Kepahiang. Di MAN 02 Kepahiang terdapat banyak siswa yang memiliki perbedaan suku, seperti suku rejang, serawai, sunda, dan jawa. Perbedaan tersebut dapat di lihat gaya bicara dan ketika mereka berkumpul dengan teman. Dari keberaganan /perbedaan suku, bahasa, dan ras disini dapat dilihat bawasanya prbedaan ini dapat menimbul ketersingugan antar siswa karena adanya prbedaan Bahasa daerah sehingga hal ini menimbulkan permusuhan antar siswa serta masih banyak siswa yang enggan atau tidak ingin menerima adanya sebuah perbedaan/keberagaman. dalam hal ini guru meiliki peran penting dalam menyatukan perbedaan tersebut. Tujuan untuk mengetahui Integrasi guru membentuk sikap pluralis dalam nilai-nilai pendidikan agama islam siswa di MAN 02 Kepahiang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif lapangan bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan integrasi guru dalam membentuk sikap yaitu menyiapkan perencanaan dan pemahaman dalam menjelaskan tentang sebuah perbedaan, kemudian membentuk kelompok secara acak dalam kegiatan pembelajaran,memberkan pemahaman tentang bineka tunggal ika, serta memberikan arahan. Adapun faktor penghambat dalam membentuk sikap plualis siswa adalah sulitnya para siswa dalam memahami serta menerima adanya sebuah perbedaan. Uji keabsahan data menggunakan trigulasi data, trigulasi teknik dan trigulasi sumber. Hasil dari peneelitian sebagian besar siswa sudah memahami apa itu pluralis dan siswa mengetahui bahwa pluralis adalah berbedan suku, ras, adat, dan budaya. Dari kelas XII sebagai naras umber deri sebuah perbedaan terebut masih banyak siswa yang sulit menerima adanya sebuah perbedaan karena ego mereka dan sulitnya memahami Bahasa suku lain, dari sulitnya memahami Bahasa tersebut mereka lebih memilih berkelompok dangan suku mereka masing-masing sehinga terjadinya sebuah perselisihan karena para siswa mersa tersingug dikarnakan mereka mengangap kelompok lain mngatakan mereka, sehingga terjadinya perselisihan hingga sampai terjadinya sebuah perkelahian. Cara yang dilakukan adalah dengan cara mengelompokan siswa secara acak dan mengarahkan para guru serta wali kelas agar mengelompokan secara acak. Kendala yang dihadapi adalah dari diri siswa sendiri dikarenkan susahnaya untuk memahami seta menerima sebuah perbedaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | integrasi guru, sikap pluralis, Pemahaman siswa tentang sikap pluralis. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2025 07:37 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year