STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA KELAS IV DI MIN 2 BENGKULU SELATAN

NOVELLA, SHINTIA (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA KELAS IV DI MIN 2 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text (Skripsi)
SHINTIA NOVELLA_1911240068.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui strategi guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui ekstrakirikuler pramuka kelas IV di MIN 2 Bengkulu Selatan, 2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler pramuka di MIN 2 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, 2 orang guru ekstrakurikuler, 12 orang siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi yang dilakukan guru ekstrakurikuler pramuka dalam mengembangkan minat dan bakat siswa yaitu a) strategi intervensi, b) strategi pembiasaan dan c) strategi pelibatan pihak lain. Faktor penghambat dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler pramuka yaitu siswa merasa bosan dan kelelahan disebabkan banyaknya aktifitas diluar sekolah. Faktor pendukung dalam x mengembangkan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler pramuka yaitu dukungan dari orang tua dengan memberikan bimbingan pengarahan, sarana prasarana. Sesuatu yang baru (novelty) dari penelitian ini terdapat pada dominannya strategi pembiasaan yang dilakukan guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler pramuka dimana guru menggunakan berbagai macam permainan yang menarik dan menantang seperti Mangga Apel, dengan bergandengan tangan dipundak, misalnya Apel mundur 3 langkah kedepan, Mangga maju 2 langkah kedepan dapat mengembangkan potensi siswa berupa percaya diri dan kerja sama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNoer, Hery195905201989031004UNSPECIFIED
Thesis advisorAsvio, Nova198901162020122007UNSPECIFIED
Additional Information: pembimbing 1: Dr. H. Hery Noer Aly, M.Pd Pembimbing 2: Nova Asvio,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka, Minat dan Bakat, Strategi Guru
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:39
Last Modified: 31 Aug 2023 04:39
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item