PERSEPSI GURU KELAS TENTANG PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 75 KOTA BENGKULU

Karina, Desva (2023) PERSEPSI GURU KELAS TENTANG PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 75 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
DESVA KARINA _ 1911240173.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi Guru Kelas Tentang Pembelajaran Paradigma Baru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 75 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer dari penelitian ini ada 4 orang guru kelas IV, 4 orang guru kelas I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi (pengamatan awal), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa Para Guru kelas I dan IV di SDN 75 kota Bengkulu memiliki persepsi positif dan mendapatkan apresiasi yang sangat baik tentang pembelajaran paradigma baru dalam kurikulum Merdeka Belajar. Hasil penelitian juga menjelaskan tentang pentingnya sosialisasi secara masif kepada semua pihak yang ada di tingkat satuan pendidikan, sehingga implementasi pembelajaran paradigma baru dalam kurikulum merdeka dapat dilakukan secara baik sesuai dengan harapan. Ada beberapa faktor yang menjadi kendala yaitu, yang pertama kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran paradigma baru dalam kurikulum merdeka sehingga penerapannya belum bisa terlaksana sesuai dengan harapan, yang kedua kurangnya pelatihan yang rinci tentang pembelajaran paradigma baru dalam kurikulum merdeka, hal itulah yang menjadi sebab kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran paradigma baru dalam kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorNurhikma, Nurhikma198709192019032004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Khermarinah,M.Pd.I dan Pembimbing II : Nurhikma,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru Kelas, Pembelajaran Paradigma Baru, Kurikulum Merdeka.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:51
Last Modified: 30 Aug 2023 01:51
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item