PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BENGKULU SELATAN

BERLI, AHMAD (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Depan .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (SEKRIPSI)
AHMAD BERLI 1811270043.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, peserta didik berkembang dengan cepat dan sesuai dengan kecepatannya sendiri, menyebabkan siswa mengarahkan kegiatan belajarnya sendiri dengan melibatkan akalnya dan motivasi sendiri, peserta didik memperkuat konsep dirinya, karena memperoleh kepercayaan bekerja sama dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 06 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes 14, 259 dan apabila dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 06 Bengkulu Selatan. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil pengujian uji “t” terhadap kedua kelompok, diperoleh = pada taraf signifikansi 5% dan (14,259 > 2,066) yang berarti terdapat perbedaan antara perlakuan yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning sehingga hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 06 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996031005UNSPECIFIED
Thesis advisorNurniswah, Nurniswah196308231994032001UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I: Dr. Zubaedi, M. Ag., M. Pd dan PEMBIMBING II: Dra. Nurniswah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:31
Last Modified: 31 Aug 2023 04:31
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item