PENGEMBANGAN MEDIA POSTER CERITAUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN TEMA PERISTIWA MENGISIKEMERDEKAAN INDONESIA DI SD NEGERI 84 SELUMA

Kartina, Selli (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER CERITAUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN TEMA PERISTIWA MENGISIKEMERDEKAAN INDONESIA DI SD NEGERI 84 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SELLI KARTINA_PGMI_19112400230 (SKRIPSI).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain media poster cerita, hasil uji kelayakan media poster cerita, dan hasil uji kepraktisan media poster cerita dengan tema Peristiwa mengisi Kemerdekaan Indonesia di SD Negeri 84 Seluma. Jenis penelitian yang penulis gunakan, yaitu: metode penelitian dan pengembangan (research and development), model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dengan pengumpulan data observasi, lembar validasi, angket respon siswa, soal pre-test post-test dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) Desain akhir dari media poster cerita dalam proses pembelajaran Tematik, poster terbuat dari kertas art karton berukuran 29,7 x 42 cm atau kertas A3; gambar poster cerita sesuai dengan tema pembelajaran, yaitu ―Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Indonesia‖ seperti belajar di kelas, mengikuti ekstrakulikuler pencak silat, tari dan pramuka, dengan tulisan ―Guru sedang Mengajar, Anak-anak Pencak Silat, Gambar Tari di SD dan Anak SD Pramuka‖. (2) Hasil uji kelayakan media poster cerita oleh validator ahli, yaitu: validator ahli media memberikan nilai berjumlah 64 atau 100% (sangat layak); validator ahli bahasa memberikan nilai berjumlah 24 atau 100% (sangat layak), dan validator ahli materi memberikan nilai berjumlah 20 atau 83,33% (layak). (3) Hasil uji kepraktisan media poster cerita dilakukan dengan memberikan angket respon siswa dengan hasil nilai angket, yaitu: terdapat 4 item angket (item no. 1, 3, 4, dan 8) dengan kategori Sangat Baik, dan 6 item angket (item no. 2, 5, 6, 7, 9, dan 10) dengan kategori Baik. Oleh karena media poster cerita, dinyatakan praktis untuk menjadi media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorAziz Hari Mukti, Wiji2030109001UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. Adisel, M.Pd., Pembimbing II: Wiji Aziiz Hari Mukti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Poster Cerita; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:36
Last Modified: 30 Aug 2023 04:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item