Kartina, Selli (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER CERITAUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN TEMA PERISTIWA MENGISIKEMERDEKAAN INDONESIA DI SD NEGERI 84 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (520kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
SELLI KARTINA_PGMI_19112400230 (SKRIPSI).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain media poster cerita, hasil uji kelayakan media poster cerita, dan hasil uji kepraktisan media poster cerita dengan tema Peristiwa mengisi Kemerdekaan Indonesia di SD Negeri 84 Seluma. Jenis penelitian yang penulis gunakan, yaitu: metode penelitian dan pengembangan (research and development), model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dengan pengumpulan data observasi, lembar validasi, angket respon siswa, soal pre-test post-test dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) Desain akhir dari media poster cerita dalam proses pembelajaran Tematik, poster terbuat dari kertas art karton berukuran 29,7 x 42 cm atau kertas A3; gambar poster cerita sesuai dengan tema pembelajaran, yaitu ―Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Indonesia‖ seperti belajar di kelas, mengikuti ekstrakulikuler pencak silat, tari dan pramuka, dengan tulisan ―Guru sedang Mengajar, Anak-anak Pencak Silat, Gambar Tari di SD dan Anak SD Pramuka‖. (2) Hasil uji kelayakan media poster cerita oleh validator ahli, yaitu: validator ahli media memberikan nilai berjumlah 64 atau 100% (sangat layak); validator ahli bahasa memberikan nilai berjumlah 24 atau 100% (sangat layak), dan validator ahli materi memberikan nilai berjumlah 20 atau 83,33% (layak). (3) Hasil uji kepraktisan media poster cerita dilakukan dengan memberikan angket respon siswa dengan hasil nilai angket, yaitu: terdapat 4 item angket (item no. 1, 3, 4, dan 8) dengan kategori Sangat Baik, dan 6 item angket (item no. 2, 5, 6, 7, 9, dan 10) dengan kategori Baik. Oleh karena media poster cerita, dinyatakan praktis untuk menjadi media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Prof. Dr. Adisel, M.Pd., Pembimbing II: Wiji Aziiz Hari Mukti, M.Pd.Si | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Poster Cerita; Hasil Belajar Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2023 04:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2023 04:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/995 |
Actions (login required)
View Item |