Pengaruh Penggunaan Scramble Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas VIII MTs Pancasila Bengkulu

Pramita, Cica (2023) Pengaruh Penggunaan Scramble Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas VIII MTs Pancasila Bengkulu. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
BAB 1.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
BAB 2.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
CICA PRAMITA_1911220018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penerapan metode Scramble pada pembelajaran Bahasa Arab diharapkan dapat menjadi solusi untuk memotivasi belajar siswa agar proses pembelajaran lebih menyenangkan dan menyadarkan siswa bahwa pembelajaran Bahasa Arab itu mudah. Selain itu, juga dapat meningkatkan minat belajar siswa khususnya mata pelajaran Bahasa Arab. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan scramble terhadap minat belajar siswa pada mata pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Pancasila Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui apakah variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat pada populasi dan sampel yang digunakan yaitu ٣٢ siswa kelas VIII MTS Pancasila Bengkulu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data uji normalitas, uji linearitas, dan uji homogenitas. Dari hasil analisis diketahui bahwa pada siswa kelas VIII penggunaan scramble berpengaruh sebesar ٧٨٬٥٪ terhadap minat belajar siswa. Artinya penggunaan scramble berpengaruh terhadap minat belajar siswa dibuktikan dengan nilai signifikansi uji regresi linier sederhana pada siswa kelas VIII sebesar ٠٬٠٠٠ lebih kecil dari ٠٬٠٥.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurhidayat, Nurhidayat197306032001121002UNSPECIFIED
Thesis advisorHariyanto, Nur199109082020121006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nurhidayat, M.Ag Pembimbing II : Nur Hariyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Scramble, Bahasa arab, Minat belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:01
Last Modified: 06 Oct 2023 08:01
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item