PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Utami, Ouci (2023) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
SKRIPSI OUCI UTAMI NIM.1911270015.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 13 Kota Bengkulu. Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ada 462 siswa dan yang menjadi sampel ada dua kelas yaitu kelas VII C berjumlah 29 sebagai kelompok eksperimen menggunakan ice breaking dan kelas VII D berjumlah 29 orang sebagai kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukan bawah motivasi belajar siswa kelas VII C dengan menggunakan ice breaking saat proses pembelajaran lebih baik dar pada kelas VII D yang menggunakan konvensional di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil skor motivasi siswa kelas VII C yang menggunakan ice breaking yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 23 siswa ( 79%) dengan skor 71 samppai 86 sedangkan hasil skor motivasi belajar siswa kelas VII D yang menggunakan metode konvensional sebanyak 26 siswa dengan skor 67 sampai 83. Selain itu dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji T karena dk pembilang 50 pada taraf 5% yaitu 2,021. Dengan demikian thitung > ttabel (2,239>2,021). Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga kelas yang diajarkan menggunakan ice breaking memiliki motivasi belajar yang baik sehingga mata pelajara IPS mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Additional Information: pembimbing 1: Prof. Dr. Adisel, M.Pd pembimbing 2:Salamah,SE, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Ice Breaking, Motivasi Belajar, IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:18
Last Modified: 23 Oct 2023 04:18
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item