PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI DAN MENGINGAT PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 028 BENGKULU UTARA

Gusti, Sinta Dwi (2024) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI DAN MENGINGAT PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 028 BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (589kB)
[img] Text
SINTA DWI GUSTI_2011240117 ...pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini mengenai tidak kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya nilai mata Pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat dan memahami pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 028 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental, sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 028 Bengkulu Utara yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di SD Negeri 028 Bengkulu Utara, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat dan memahami pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 028 Kota Bengkulu dengan nilai rata-rata 80. Hasil uji “t” pada post-test, untuk kemampuan memahami diperoleh thitung = 3,04, sedangkan ttabel dengan df 70 memiliki taraf signifikansi 5% yaitu 1. Dengan demikian, thitung > ttabel (3,04 > 1,998), yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan memahami pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 028 Bengkulu Utara. SD Negeri 028 Bengkulu Utara, Kemudian untuk kemampuan mengingat thitung = 6,666 sedangkan ttabel dengan df 70 memiliki taraf signifikansi 5% yaitu 1,994. Dengan demikian thitung = 2,86 sedangkan ttabel dengan df 70 memiliki taraf signifikansi 5% yaitu 1,994. Dengan demikian thitung > ttabel (2,86 > 1,9984) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat pelajaran IPA di SD Negeri 028 Kota Bengkulu Utara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606060042001122004UNSPECIFIED
Thesis advisorBayan, Zubaidah197204162023212009UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Wiwinda, M.Ag Pembimbing II: Zubaidah Bayan, M. Us
Uncontrolled Keywords: Memahami, Mengingat, Metode Bernyaanyi.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:32
Last Modified: 18 Jul 2024 08:32
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item