تحليل صعوبات معلمى اللعة العربية في تنفيذ المنهج المستقل في المدرسة المتوسطة جاء الحق بالمدينة بنجكولو

sella, Pebria (2024) تحليل صعوبات معلمى اللعة العربية في تنفيذ المنهج المستقل في المدرسة المتوسطة جاء الحق بالمدينة بنجكولو. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (555kB)
[img] Text
PEBRIA SELLA_20II220041.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kesulitan guru bahasa arab dalam implementasi kurikulum Merdeka di MTs. Ja-Alhaq Bengkulu, 2) Untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan guru bahasa arab dalam implementasi kurikulum Merdeka di MTs. Ja-Alhaq Bengkulu, 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam implementasi kurikulum Merdeka di MTs. Ja-Alhaq Bengkulu. dengan mengunakan metode Penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Isi wawancara dianalisis secara deskriptif dan divalidasi menggunakan model “Peer-debriefing”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Di MTs Ja-alHaq bengkulu sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek, asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, pada pembelajaran. Kedua, problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran adalah kesulitan menganalis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP dan Modul Ajar, menentukan metode dan strategi pembelajaran, minimnya kemampuan menggunakan teknologi, kurangnya kemampuan menggunakan metode dan media pembelajaran, materi ajar terlalu luas, menentukan proyek kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorsoskha, fadila199004242020122007UNSPECIFIED
Thesis advisorkassim, kassim197510022003121004UNSPECIFIED
Additional Information: 1.fadila soskha 2.dr. kasim
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Guru Bahasa Arab, Kurikulum Merdeka Belajar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:11
Last Modified: 22 Jul 2024 08:11
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item View Item