Apriyani, Apriyani (2024) Analisis implementasi profil pelajar rahmatan lil alamin (ppra) pada mata pelajaran bahasa arab siswa madrasah ibtidaiyah negeri 2 fase c bengkulu utara. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (827kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (199kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (284kB) |
|
Text (Skripsi)
APRIYANI_2011220001.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bengkulu Utara, khususnya pada fase C PPRA merupakan profil pelajar yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang memiliki nilai-nilai rahmat, keadilan, dan keseimbangan dalam kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk menggali proses implementasi implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, tantangan/hambatan yang dihadapi guru, serta solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan dan hambatan penerapan implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bengkulu Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam pembelajaran Bahasa Arab sudah diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bengkulu Utara, namun masih menghadapi beberapa kendala seperti guru bahasa arab belum memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep dan nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, keterbatasan fasilitas dan teknologi, serta kurikulum yang padat dan terbatasnya waktu pembelajaran. Maka solusi yang dapat diterapkan guna mengatasi hambatan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan dan workshop secara berkala, melakukan penyususunan panduan implementasi implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, dan mengintegrasikan nilai implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam pembelajaran harian dengan cara menggabungkan pendidikan karakter dengan materi yang sedang diajarkan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan integratif dalam penerapan implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin pada mata pelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, Bahasa Arab, Implementasi, Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3968 |
Actions (login required)
View Item |