Pengaruh Metode Kompetisi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Empat SDI Al-Qiswah Bengkulu

Downloads

Downloads per month over past year

Ningrum, Nurul Swita (2024) Pengaruh Metode Kompetisi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Empat SDI Al-Qiswah Bengkulu. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
2. BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (562kB)
[img] Text (Skripsi)
1. DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi)
3. BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (832kB)
[img] Text (Skripsi)
NURUL SWITA NINGRUM_2011220016.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini di latar belakangi dari asumsi para siswa tentang sulitnya belajar Bahasa arab sehingga semangat memahami selama proses pembelajaran pun sangat kurang, bahkan tidak jarang hal tersebut mempengaruhi nilai mereka. Salah satu strategi yang dilakukan guru Bahasa arab di SDI Al�Qiswah Kota Bengkulu adalah penerapan metode kompetisi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto karena yang diteliti telah diterapkan di SDI Al-Qiswah Kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas empat SDI Al-Qiswah Kota Bengkulu yang berjumlah 35 siswa, dan sampelnya merupakan sampel total di mana seluruh populasi 100% dijadikan sebagai sampel. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan angket yang dianalisis menggunakan analisis statistik, uji prasyarat analisis, dan analisis akhir. Meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data Thitung = 3,125 dan Ttabel 2,040 dengan signifikansi 5% atau 0,050. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel (3,125 > 2,040) dan sig. = (0,004 < 0,050). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode kompetisi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa arab. Besarnya pengaruh metode kompetisi terhadap hasil belajar Bahasa arab siswa sejumlah 24% . ini berarti 24% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh metode kompetisi dan 76% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, Nur197306032001121002UNSPECIFIED
Thesis advisorYenni, Patriani198010022023212013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Kompetisi, Hasil Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:56
Last Modified: 18 Nov 2024 04:56
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3970

Actions (login required)

View Item View Item