PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM-BASED LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SAINS PADA MATERI GERAK DAN GAYA DI SMPN 25 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

MURNIATI, DIANA SRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM-BASED LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SAINS PADA MATERI GERAK DAN GAYA DI SMPN 25 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (600kB)
[img] Text
DIANA SRI MURNIATI_2111260019_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep sains siswa pada materi gerak dan gaya di SMPN 25 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa akibat dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji-t independen menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) = 0,000 yang berarti < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorFadilah, Fadilah198407172008042002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning (PBL), Pemahaman Konsep, Gerak dan Gaya, Sains, SMPN 25 Kota Bengkulu
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:15
Last Modified: 02 Sep 2025 06:15
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year