فعالية استخدامفيديوالتفاعليةكالم اللغة العربية يف حتسني مهارة لدى طالب الصف السابع يف ادلدرسةادلتوسطة األزهر اإلسالمية25 بنجكولو

Downloads

Downloads per month over past year

Pramudia, Satya Nanda (2025) فعالية استخدامفيديوالتفاعليةكالم اللغة العربية يف حتسني مهارة لدى طالب الصف السابع يف ادلدرسةادلتوسطة األزهر اإلسالمية25 بنجكولو. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER 124.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 new.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 new.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FUL SATYA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media video interaktif dalam meningkatkan kemampuan berbicara (maharah al-kalam) siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (menggunakan media video interaktif) dan kelompok kontrol (menggunakan metode konvensional). Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test kemampuan berbicara, serta dianalisis menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video interaktif secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicara siswa (p < 2.221). Selain itu, terdapat perbedaan signifikan pada peningkatan kemampuan berbicara antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi. Analisis N-Gain menunjukkan bahwa penggunaan media video interaktif memberikan peningkatan dengan kategori "sedang" (N-Gain = 2.53).Temuan ini mengindikasikan bahwa media video interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru bahasa Arab untuk mengembangkan dan menggunakan media video interaktif yang kreatif dan inovatif. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan desain penelitian yang lebih ketat dan mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi efektivitas media video interaktif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, Nur197306032001121002UNSPECIFIED
Thesis advisorHarianto, Harianto199109082020121006UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Video Interaktif, Kemampuan Berbicara (Maharah al-Kalam), Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:28
Last Modified: 07 Oct 2025 03:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year