Novitasari, Rensi (2025) PENGARUH ENGLISH CHILDREN SONG TERHADAP PENGUCAPAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK DI TK AL AHSAN. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (816kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (357kB) | Preview |
|
![]() |
Text (TESIS)
TESIS RENSI NOVITASARI_2323750018.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan English Children's Songs terhadap pengucapan kosakata Bahasa Inggris pada anak pra-sekolah di TKIT AL-AHSAN Kabupaten Rejang Lebong. Metode yang digunakan adalah quasieksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa TKIT AL-AHSAN berjumlah 30 anak, dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masingmasing 15 anak. Kelompok eksperimen diajarkan menggunakan lagu anak-anak berbahasa Inggris sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional yaitu pengulangan kosakata bersama-sama. Data pengucapan kosakata bahasa Inggris dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada pre-test, rerata skor kelompok eksperimen adalah 62,00 sedangkan kelompok kontrol 53,67. Setelah perlakuan, post-test menunjukkan peningkatan skor rerata menjadi 82,00 untuk kelompok eksperimen dan 71,67 untuk kelompok kontrol. Uji statistik t menunjukkan nilai t sebesar 6,883 dengan signifikansi 0,000, yang berarti penggunaan lagu anak-anak berbahasa Inggris berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pengucapan kosakata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan English Children's Songs secara signifikan meningkatkan kemampuan anak pra-sekolah dalam mengucapkan kosakata bahasa Inggris. Metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan seperti penggunaan lagu dapat menjadi alternatif efektif dalam proses pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | English Children Song, Kosakata Bahasa Inggris, Anak TK | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:21 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year