PENGARUH ENGLISH CHILDREN SONG TERHADAP PENGUCAPAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK DI TK AL AHSAN

Downloads

Downloads per month over past year

Novitasari, Rensi (2025) PENGARUH ENGLISH CHILDREN SONG TERHADAP PENGUCAPAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK DI TK AL AHSAN. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (TESIS)
TESIS RENSI NOVITASARI_2323750018.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan English Children's Songs terhadap pengucapan kosakata Bahasa Inggris pada anak pra-sekolah di TKIT AL-AHSAN Kabupaten Rejang Lebong. Metode yang digunakan adalah quasieksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa TKIT AL-AHSAN berjumlah 30 anak, dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masingmasing 15 anak. Kelompok eksperimen diajarkan menggunakan lagu anak-anak berbahasa Inggris sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional yaitu pengulangan kosakata bersama-sama. Data pengucapan kosakata bahasa Inggris dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada pre-test, rerata skor kelompok eksperimen adalah 62,00 sedangkan kelompok kontrol 53,67. Setelah perlakuan, post-test menunjukkan peningkatan skor rerata menjadi 82,00 untuk kelompok eksperimen dan 71,67 untuk kelompok kontrol. Uji statistik t menunjukkan nilai t sebesar 6,883 dengan signifikansi 0,000, yang berarti penggunaan lagu anak-anak berbahasa Inggris berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pengucapan kosakata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan English Children's Songs secara signifikan meningkatkan kemampuan anak pra-sekolah dalam mengucapkan kosakata bahasa Inggris. Metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan seperti penggunaan lagu dapat menjadi alternatif efektif dalam proses pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi1969030819966031005UNSPECIFIED
Thesis advisorHakim, Arif Rahman199012152015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: English Children Song, Kosakata Bahasa Inggris, Anak TK
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:21
Last Modified: 07 Oct 2025 03:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5830

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year