إستخدام طريقة الغناء لتعليم مفردات اللغة العربية لدي الطالب في الفصل السابع في المدرسة المتوسطة القرآن حرسالكم : Penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran Bahasa arab siswa kelas VII MTs Al-Qur‟an Harsallakum

Rohmawati, Anisya (2023) إستخدام طريقة الغناء لتعليم مفردات اللغة العربية لدي الطالب في الفصل السابع في المدرسة المتوسطة القرآن حرسالكم : Penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran Bahasa arab siswa kelas VII MTs Al-Qur‟an Harsallakum. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (531kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Anisya Rohmawati_1911220003.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam pembelajaran mfrodat Bahasa Arab di MTs Alqur’an Harsallakum guru telah menggunakan metode bernyanyi dengan cara guru menyanyikan mufrodat seseuai dengan syair lagu yang telah di tentukan kemudian siswa menirukan secara berulang-ulang yang telah dicontohkan oleh guru. Akan tetapi, masih terdapat kelemahan dalam penerapan metode bernyanyi ini yakni metode ini kurang cocok diterapkan pada kelas besar dan siswa yang pendiam. Dibalik kelemahan ini penggunaan metode bernyanyi ini juga memiliki kelebihan yakni membuat siswa lebih semangat dalam belajar dan tidak membuat siswa merasa bosan serta dapat membuat siswa menjadi lebih kreatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat dan untuk mengetahui apa saja kelebihan serta kelemahan metode bernyanyi dalam pembelajarn mufrodat Bahasa arab siswa kelas VII di MTs AlQur’an Harsallakum. Jenis dalam penelitian ini adalah Field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan mengambil objek penelitian di MTs Al-qur’an Harsallakum dengan sumber datanya adalah guru mata pelajaran Bahasa Arab dan siswa kelas VII F. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Analisa data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat Bahasa arab siswa kelas VII sudah sesuai dengan Langkah-langkah yang ada dengan melalui proses menentukan, mendengarkan, melafalkan, menirukan dan proses menghafal. Guru menentukan materi yang akan diajarkan kemudian menentukan lagu yang akan digunakan, kemudian guru menyanyikan mufradat secara berulang-ulang dan diikuti oleh siswa lalu menghafalkanya. Penggunaan metode bernyanyi dapat membuat siswa lebih mudah menghafalkan mufrodat sehingga membuat siswa merasa semangat dan tidak bosan dalam menghafalkan mufrodat Bahasa arab. Adapun kelebihan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat Bahasa arab kelas VII adalah dapat membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa, bisa menimbulkan rasa senang dalam diri siswa, juga lebih mudah memahami dan hafal akan materi yang disampaikan. Adapun kelemahan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat Bahasa arab siswa kelas VII yaitu kurang cocok diterapkan pada kelas besar, dan akan kurang efeltif pada siswa yang pendiam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHidayat, Nur197306032001121002UNSPECIFIED
Thesis advisorWulan Dari, Ikke199111262019032013UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Nur Hidayat, M.Ag, dan Pembimbing II: Ikke Wulan Dari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa arab, Mufrodat Bahasa Arab dan Metode Bernyanyi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:43
Last Modified: 30 Aug 2023 01:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item