TUSADIA, ANNISA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MEMBANTU BERPIKIR KREATIF DAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 BENGKULU SELATAN. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (639kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (601kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (665kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (TESIS)
ANNISA TUSADIA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk: (1) menganalisa pengembangan bahan ajar digital berbasis mind mapping pata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bengkulu Selatan, (2) menganalisa kepraktisan pengembangan bahan ajar digital berbasis mind mapping pata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bengkulu Selatan, (3) menganalisa keefektifan pengembangan bahan ajar digital berbasis mind mapping untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan problem solving pata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D. Adapun populasi sampel yaitu 35 orang siswa kelas XII SMAN 1 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Hasil penilaian pengembangan dapat diketahui bahwa: 1) Pengembangan bahan ajar oleh para validator dibuktikan dengan hasil uji validasi ahli materi persentase sebesar 88,6%, ahli media persentase sebesar 92,3%, dan guru mata pelajaran persentase sebesar 86,2%, dengan kriteria rata-rata “sangat valid” atau “sangat layak digunakan” dan revisi kecil untuk dikembangkan. 2) Kepraktisan bahan ajar diperoleh rata-rata persentase sebesar 85% kriteria “sangat praktis” dan pada keterampilan berpikir kreatif sebesar 86,43%, keterampilan problem solving sebesar 87,32 % kriteria “sangat kuat”. 3) Uji efektifitas dilihat dari hasil pretest dan postest berdasarkan uji thitung > ttabel (9,41 > 2,04), yaitu apabila uji thitung > ttabel maka, hasilnya Dengan demikian, terjadi perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan pengembangan bahan ajar PAI berbasis mind mapping bagi peserta didik kelas XII SMAN 1 Bengkulu Selatan.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping, Keterarampilan berpikir kreatif, Keterampilan Problem Solving | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:21 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year