PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MEMBANTU BERPIKIR KREATIF DAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

TUSADIA, ANNISA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MEMBANTU BERPIKIR KREATIF DAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 BENGKULU SELATAN. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (665kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (TESIS)
ANNISA TUSADIA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk: (1) menganalisa pengembangan bahan ajar digital berbasis mind mapping pata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bengkulu Selatan, (2) menganalisa kepraktisan pengembangan bahan ajar digital berbasis mind mapping pata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bengkulu Selatan, (3) menganalisa keefektifan pengembangan bahan ajar digital berbasis mind mapping untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan problem solving pata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D. Adapun populasi sampel yaitu 35 orang siswa kelas XII SMAN 1 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Hasil penilaian pengembangan dapat diketahui bahwa: 1) Pengembangan bahan ajar oleh para validator dibuktikan dengan hasil uji validasi ahli materi persentase sebesar 88,6%, ahli media persentase sebesar 92,3%, dan guru mata pelajaran persentase sebesar 86,2%, dengan kriteria rata-rata “sangat valid” atau “sangat layak digunakan” dan revisi kecil untuk dikembangkan. 2) Kepraktisan bahan ajar diperoleh rata-rata persentase sebesar 85% kriteria “sangat praktis” dan pada keterampilan berpikir kreatif sebesar 86,43%, keterampilan problem solving sebesar 87,32 % kriteria “sangat kuat”. 3) Uji efektifitas dilihat dari hasil pretest dan postest berdasarkan uji thitung > ttabel (9,41 > 2,04), yaitu apabila uji thitung > ttabel maka, hasilnya Dengan demikian, terjadi perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan pengembangan bahan ajar PAI berbasis mind mapping bagi peserta didik kelas XII SMAN 1 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping, Keterarampilan berpikir kreatif, Keterampilan Problem Solving
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:21
Last Modified: 17 Apr 2025 03:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year