Fernandes, Eka (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI SISWA KELAS XII SMAN 04 BENGKULU TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
EKA FERNANDES NIM 2011290061.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 bengkulu tengah dan bagaimana faktor pengahambat dan pendukung implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 bengkulu tengah. Dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi dan apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 bengkulu tengah. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang menyimpulkan implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 Bengkulu Tengah sangat mendukung dan perlunya model pembelajaran berbasis pemecahan masalah ini agar dalam proses pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan lebih menyenangkan. Dengan pembelajaran ini siswa lebih faham akan pentingnya tentang surat resmi. Pengembangan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah ini sangat efektif dari pada teknik yang biasa di pakai oleh guru pada umumnya, hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk guru lebih menambah inovasi lagi dalam metode pembelajaran yang akan digunakan. kemudian faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 Bengkulu Tengah yaitu :Faktor pendukung Keterlibatan siswa dalam model pembelajaran berbasis pemecahan masalah sangat mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar.Mampu meningkatkan kemampuan komunikasi antar para siswa dan juga guru, Faktor penghambat:Kekurangan waktu dalam memecahkan masalah, berdiskusi dan menyelesaikan tugas yang di berikan guru. Pemahaman siswa yang berbeda-beda tentang materi menulis surat resmi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Model Pembelajaran, Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Menulis Surat Resmi | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:17 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year