IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI SISWA KELAS XII SMAN 04 BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

Fernandes, Eka (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI SISWA KELAS XII SMAN 04 BENGKULU TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
EKA FERNANDES NIM 2011290061.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 bengkulu tengah dan bagaimana faktor pengahambat dan pendukung implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 bengkulu tengah. Dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi dan apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 bengkulu tengah. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang menyimpulkan implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 Bengkulu Tengah sangat mendukung dan perlunya model pembelajaran berbasis pemecahan masalah ini agar dalam proses pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan lebih menyenangkan. Dengan pembelajaran ini siswa lebih faham akan pentingnya tentang surat resmi. Pengembangan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah ini sangat efektif dari pada teknik yang biasa di pakai oleh guru pada umumnya, hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk guru lebih menambah inovasi lagi dalam metode pembelajaran yang akan digunakan. kemudian faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi menulis surat resmi di siswa kelas XII SMAN 04 Bengkulu Tengah yaitu :Faktor pendukung Keterlibatan siswa dalam model pembelajaran berbasis pemecahan masalah sangat mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar.Mampu meningkatkan kemampuan komunikasi antar para siswa dan juga guru, Faktor penghambat:Kekurangan waktu dalam memecahkan masalah, berdiskusi dan menyelesaikan tugas yang di berikan guru. Pemahaman siswa yang berbeda-beda tentang materi menulis surat resmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorAndra, Vebbi198502272011011009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Model Pembelajaran, Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Menulis Surat Resmi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:17
Last Modified: 03 Jun 2025 08:17
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4270

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year