STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK AL-QUR`AN SISWA KELAS II SDIT IQRO` 2 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Rohmatin, Hanifah (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK AL-QUR`AN SISWA KELAS II SDIT IQRO` 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
SKRIPSI HANIFAH ROHMATIN_1811240126.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek Al-Qur`an dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat serta faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan menghafal.Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Analisis Kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data-data yang diperlukan telah terkumpul maka dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah verifikasi data atau menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik, guru menggunakan strategi berupa metode diantaranya yaitu metode talaqqi atau menghafal secara berulang dengan memperhatikan gerak bibir, metode sima`i atau mendengarkan hafalan dengan sistem audio sebagai medianya dan yang terakhir menggunakan metode wahdah yaitu menghafal satu per satu ayat-ayat yang hendak dihafalnya secara berulang sehingga proses ini mampu membentuk pola dalam bayangan. Adapun faktor penghambat dalam proses peningkatan kemampuan dalam menghafal yaitu kurangnya kesadaran dalam diri untuk meningkatkan hafalan, siswa yang bermain-main saat jam pelajaran tidak memanfaatkan waktu dengan baik ketika proses pembelajaran berlangsung. Untuk faktor pendukung yang guru lakukan adalah memotivasi siswa, pertemuan antara guru dan murid yang intensif dan menciptakan rasa tanggung jawab serta kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorAziz Bin Mustamin, Abdul1985042920115031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Meningkatkan Hafalan Al-Qur`an
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:21
Last Modified: 12 Jun 2025 03:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year