ULAN OKTIKA, NENSI (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 6 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
NENSI ULAN OKTIKA_2011210140.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mendikbudristek menekankan perlunya penyederhanaan kurikulum dalam wujud kurikulum khusus atau kurikulum darurat. Penyederhanaan kurikulum darurat tersebut efisien untuk memitigasi ketertinggalan pendidikan pada pandemi Covid-19.Dalam rangka pemulihan pada sektor pendidikan, Pengembangan kurikulum pastinya tidak bisa dihindari, tetapi wajib dijalani serta disesuaikan dengan kebutuhan dan prinsip. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti berusaha mendapatkan informasi yang lengkap mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka.. Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh guru PAI yaitu : Pertama perencanaan terkait proses pembelajaran yang didalamnya terdapat TP, CP dan ATP yang sudah berpedoman pada kurikulum merdeka. Kedua, pelaksanaan pembelajaran modul ajarnya, materi ajarnya sudah berpedoman kepada kurikulum merdeka . Ketiga, bagian evaluasi atau penilaian guru PAI sudah menggunakan penilaian kognitif dan non-kognitif yang bertujuan untuk mendiagnosa keadaan siswa, sedangkan untuk penilaian karakter siswa guru PAI menggunakan assesmen diagnostik non kognitif. Dalam implementasi kurikulum merdeka di SMP N 6 Kota Bengkulu memiliki faktor penghambat pada perbedaan latar belakang guru, sarana dan prasarana pendukung, kesiapan pemahaman teknologi, resistensi terhadap perubahan, rendahnya kesadaran guru dan keterbatasan akses internet. Pada implementasi kurikulum merdeka di SMP N 6 Kota Bengkulu terdapat faktor pendukung, yaitu adanya dukungan baik dari pemerintah, dukungan pemerintah ini menjadi faktor pendukung utama dalam penerapan kurikulum , selain itu sudah adanya pelatihan tenang kurikulum merdeka belajar walaupun pelatihan ini hanya untuk bagian komite saja, dan ketersediaan ruang belajar yang bagus sehingga pada saat proses pembelajaran dapat berjalan denga nyaman
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:11 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year