IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 6 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ULAN OKTIKA, NENSI (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 6 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
NENSI ULAN OKTIKA_2011210140.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mendikbudristek menekankan perlunya penyederhanaan kurikulum dalam wujud kurikulum khusus atau kurikulum darurat. Penyederhanaan kurikulum darurat tersebut efisien untuk memitigasi ketertinggalan pendidikan pada pandemi Covid-19.Dalam rangka pemulihan pada sektor pendidikan, Pengembangan kurikulum pastinya tidak bisa dihindari, tetapi wajib dijalani serta disesuaikan dengan kebutuhan dan prinsip. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti berusaha mendapatkan informasi yang lengkap mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka.. Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh guru PAI yaitu : Pertama perencanaan terkait proses pembelajaran yang didalamnya terdapat TP, CP dan ATP yang sudah berpedoman pada kurikulum merdeka. Kedua, pelaksanaan pembelajaran modul ajarnya, materi ajarnya sudah berpedoman kepada kurikulum merdeka . Ketiga, bagian evaluasi atau penilaian guru PAI sudah menggunakan penilaian kognitif dan non-kognitif yang bertujuan untuk mendiagnosa keadaan siswa, sedangkan untuk penilaian karakter siswa guru PAI menggunakan assesmen diagnostik non kognitif. Dalam implementasi kurikulum merdeka di SMP N 6 Kota Bengkulu memiliki faktor penghambat pada perbedaan latar belakang guru, sarana dan prasarana pendukung, kesiapan pemahaman teknologi, resistensi terhadap perubahan, rendahnya kesadaran guru dan keterbatasan akses internet. Pada implementasi kurikulum merdeka di SMP N 6 Kota Bengkulu terdapat faktor pendukung, yaitu adanya dukungan baik dari pemerintah, dukungan pemerintah ini menjadi faktor pendukung utama dalam penerapan kurikulum , selain itu sudah adanya pelatihan tenang kurikulum merdeka belajar walaupun pelatihan ini hanya untuk bagian komite saja, dan ketersediaan ruang belajar yang bagus sehingga pada saat proses pembelajaran dapat berjalan denga nyaman

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain196005251987031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Hamdan198804122023211026UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:11
Last Modified: 17 Jun 2025 04:11
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4302

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year