MANAJEMEN DONATUR DI LEMBAGA ZAKAT: KOMPARASI INISIATIF ZAKAT INDONESIA DAN LAZNAS DEWAN DAKWAH CABANG BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Tri Andevi, Sesilia (2025) MANAJEMEN DONATUR DI LEMBAGA ZAKAT: KOMPARASI INISIATIF ZAKAT INDONESIA DAN LAZNAS DEWAN DAKWAH CABANG BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SESILIA TRI ANDEVI_2111330008.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membandingkan manajemen donatur di dua lembaga zakat: Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Laznas Dewan Dakwah cabang Bengkulu. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan studi kasus, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IZI menekankan pemahaman karakteristik donatur lewat komunikasi langsung dan media sosial, menganggap sosialisasi dan edukasi zakat sangat penting. Sedangkan Laznas Dewan Dakwah lebih fokus pada interaksi personal, misalnya melalui kajian subuh, dan menawarkan metode donasi yang beragam. Walaupun strategi berbeda, kedua lembaga sama-sama bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dan membangun hubungan transparan serta berkelanjutan dengan donatur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perbedaan pendekatan manajemen donatur berdampak positif pada pengumpulan dana zakat. IZI, dengan kunjungan dan interaksi langsung, membangun kepercayaan dan mendorong partisipasi aktif. Laznas Dewan Dakwah memanfaatkan sistem Customer Relationship Management (CRM) untuk menjaga komunikasi, meningkatkan kepuasan, dan loyalitas donatur. Transparansi pencatatan, termasuk penginputan data dan bukti transaksi, memudahkan donatur melacak donasinya. Kegiatan keagamaan, seperti doa bersama, membangun rasa kebersamaan yang mendukung donasi berkelanjutan. Dengan strategi pemasaran yang beragam – baik langsung maupun berbasis teknologi – kedua lembaga berhasil memperluas jangkauan donatur dan mengoptimalkan pengumpulan zakat, meningkatkan efektivitas pengelolaan dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRafoleli, Rafoleli196705252000032003UNSPECIFIED
Thesis advisorJohendra, Meki199206032020121009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Donatur; Komparasi Lembaga Zakat; Penggalangan Dana Zaka
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:53
Last Modified: 08 Jul 2025 03:44
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4332

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year