ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK UMROH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS (Studi Pada PT. Wafdullah Tamu Mulia Cabang Bengkulu)

Downloads

Downloads per month over past year

Nurjana, Tia Anisa (2025) ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK UMROH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS (Studi Pada PT. Wafdullah Tamu Mulia Cabang Bengkulu). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (729kB)
[img] Text (Skripsi)
tiaa jurnal fiks (3).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dihadapi PT. Wafdullah Tamu Mulia Cabang Bengkulu adalah mengenai semakin meningkatnya persaingan diantara penyedia layanan umrah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi diferensiasi produk umroh yang diterapkan oleh PT. Wafdullah Tamu Mulia Cabang Bengkulu dalam menghadapi persaingan bisnis di industri travel umroh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menerapkan strategi diferensiasi melalui variasi produk umroh, peningkatan kualitas layanan, penggunaan media digital, serta penguatan sumber daya manusia. Strategi ini terbukti efektif dengan meningkatnya jumlah jamaah setiap tahun sejak cabang dibuka. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran I, yang mengindikasikan posisi strategis untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang secara optimal melalui strategi agresif (SO). Temuan ini menunjukkan pentingnya inovasi dan komunikasi yang berkelanjutan dalam mempertahankan keunggulan kompetitif di sektor perjalanan ibadah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSetiawan, Romi Adetio1983312172014031001UNSPECIFIED
Thesis advisorSumarni, Yenti197904162007012020UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: analisis SWOT, Manajemen strategi, persaingan bisnis, strategi diferensiasi, strategi marketing mix
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 15 Sep 2025 06:57
Last Modified: 15 Sep 2025 06:57
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5092

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year