PENERAPAN METODE IWR (ILMAN WA RUUHAN ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SD IT AL AHSAN SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Khalqi, Reyhan Arifqi (2025) PENERAPAN METODE IWR (ILMAN WA RUUHAN ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SD IT AL AHSAN SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI REYHAN ARIFQI KHALQI_2111210099_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode IWR (Ilman Wa Ruuhan) dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur‟an siswa di SD IT Al-Ahsan Seluma serta untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penerapannya. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kemampuan menghafal Al-Qur‟an dalam pendidikan Islam, serta tantangan yang dihadapi siswa dalam menghafal, seperti kurangnya motivasi, terbatasnya waktu belajar, dan pengaruh teknologi. Metode IWR merupakan pendekatan yang mengintegrasikan aspek keilmuan (ilman) dan spiritualitas (ruuhan), sehingga tidak hanya menekankan hafalan secara kognitif, tetapi juga memperkuat hubungan emosional dan spiritual siswa terhadap ayat yang dihafal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode IWR melalui langkah-langkah seperti talaqqi, pengulangan (takrir), pemahaman (fahmu), hingga evaluasi, terbukti mampu meningkatkan kemampuan hafalan siswa secara signifikan. Hambatan yang ditemukan antara lain perbedaan kemampuan dasar siswa, waktu yang terbatas, serta kurangnya dukungan dari lingkungan rumah. Strategi untuk mengatasi hambatan tersebut meliputi pendekatan personal oleh guru, peningkatan motivasi spiritual, dan perencanaan waktu belajar yang terstruktur. Dengan demikian, penerapan metode IWR efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur‟an siswa karena menyentuh aspek kognitif, afektif, dan spiritual secara menyeluruh. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi lembaga pendidikan Islam dalam mengembangkan pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an yang lebih optimal dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, Mus19700514200031004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi198102212009011013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode IWR, Ilman Wa Ruuhan, Hafalan AlQur’an, SD IT Al-Ahsan Seluma, Tahfidz
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 30 Sep 2025 07:45
Last Modified: 30 Sep 2025 07:45
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5603

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year