Khalqi, Reyhan Arifqi (2025) PENERAPAN METODE IWR (ILMAN WA RUUHAN ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SD IT AL AHSAN SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (386kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI REYHAN ARIFQI KHALQI_2111210099_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode IWR (Ilman Wa Ruuhan) dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur‟an siswa di SD IT Al-Ahsan Seluma serta untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penerapannya. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kemampuan menghafal Al-Qur‟an dalam pendidikan Islam, serta tantangan yang dihadapi siswa dalam menghafal, seperti kurangnya motivasi, terbatasnya waktu belajar, dan pengaruh teknologi. Metode IWR merupakan pendekatan yang mengintegrasikan aspek keilmuan (ilman) dan spiritualitas (ruuhan), sehingga tidak hanya menekankan hafalan secara kognitif, tetapi juga memperkuat hubungan emosional dan spiritual siswa terhadap ayat yang dihafal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode IWR melalui langkah-langkah seperti talaqqi, pengulangan (takrir), pemahaman (fahmu), hingga evaluasi, terbukti mampu meningkatkan kemampuan hafalan siswa secara signifikan. Hambatan yang ditemukan antara lain perbedaan kemampuan dasar siswa, waktu yang terbatas, serta kurangnya dukungan dari lingkungan rumah. Strategi untuk mengatasi hambatan tersebut meliputi pendekatan personal oleh guru, peningkatan motivasi spiritual, dan perencanaan waktu belajar yang terstruktur. Dengan demikian, penerapan metode IWR efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur‟an siswa karena menyentuh aspek kognitif, afektif, dan spiritual secara menyeluruh. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi lembaga pendidikan Islam dalam mengembangkan pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an yang lebih optimal dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode IWR, Ilman Wa Ruuhan, Hafalan AlQur’an, SD IT Al-Ahsan Seluma, Tahfidz | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2025 07:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2025 07:45 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year