IMPLEMENTASI METODE IQRO’ AL-MANSURY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PAUD AL-AZHAAR KOTA LUBUKLINGGAU

Downloads

Downloads per month over past year

SHALIHAH, BARRATUS (2025) IMPLEMENTASI METODE IQRO’ AL-MANSURY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PAUD AL-AZHAAR KOTA LUBUKLINGGAU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
TESIS BARRATUS SHALIHAH_2223750010.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Banyak metode belajar membaca Al-Qur‟an yang diterapkan di sekolah maupun di pondok pesantren diantaranya seperti metode qiroati, metode An- Nahdliyah, metode Iqro‟ dan lain-lain. Salah satu metode dalam belajar membaca Al-Qur‟an dengan metode Iqro‟ yakni dengan metode pada buku Iqro‟ Al- Mansury, metode yang digunakan pada buku Iqro‟ Al-Mansury karang Dr. KH Ah Mansur, SE., M.Pd.I yakni sebuah buku panduan membaca Al-Qur‟an untuk anak. Dalam metode yang dipakai dalam buku ini ialah dengan metode interaktif- integratif antara metode talaqi dan games sehingga mampu memberikan nuansa baru dalam khasanah pembelajaran membaca Al-Qur‟an. Pada lembaga PAUD Al Azhaar Kota Lubuklinggau dalam belajar membaca Al-Qur‟an menggunakan buku Iqro‟Al-Mansury sebagai metode pembelajaran Al-Qur`an. Penelitian ini menggukana metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan skunder dengan menggunakan tiga metode pengambilan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, bahwa lembaga PAUD Al-Azhaar Kota Lubuklinggau telah mengpilemntasikan metode Iqro‟ Al Mansury dalam meningkatkan pemahaman anak dalam membaca Al-Qur‟an. Metode ini telah diterapkan sejak satu tahun terakhir. Dari hasil penelitian bahwa anak lebih bersemangat untuk belajar menggunakan buku Iqro‟ Al Mansury karena didalamnya terdapat metode talaqi dan mandiri serta penggabungan games dan lagu, membuat anak lebih cepat memahami huruf hijaiyah dan lebih cepat membaca Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRohimin, Rohimin196405311991031001UNSPECIFIED
Thesis advisorAlimni, Alimni197504102007102005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, PAUD dan Pemahaman.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:33
Last Modified: 06 Oct 2025 07:33
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5799

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year