SHALIHAH, BARRATUS (2025) IMPLEMENTASI METODE IQRO’ AL-MANSURY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PAUD AL-AZHAAR KOTA LUBUKLINGGAU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (215kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
TESIS BARRATUS SHALIHAH_2223750010.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Banyak metode belajar membaca Al-Qur‟an yang diterapkan di sekolah maupun di pondok pesantren diantaranya seperti metode qiroati, metode An- Nahdliyah, metode Iqro‟ dan lain-lain. Salah satu metode dalam belajar membaca Al-Qur‟an dengan metode Iqro‟ yakni dengan metode pada buku Iqro‟ Al- Mansury, metode yang digunakan pada buku Iqro‟ Al-Mansury karang Dr. KH Ah Mansur, SE., M.Pd.I yakni sebuah buku panduan membaca Al-Qur‟an untuk anak. Dalam metode yang dipakai dalam buku ini ialah dengan metode interaktif- integratif antara metode talaqi dan games sehingga mampu memberikan nuansa baru dalam khasanah pembelajaran membaca Al-Qur‟an. Pada lembaga PAUD Al Azhaar Kota Lubuklinggau dalam belajar membaca Al-Qur‟an menggunakan buku Iqro‟Al-Mansury sebagai metode pembelajaran Al-Qur`an. Penelitian ini menggukana metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan skunder dengan menggunakan tiga metode pengambilan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, bahwa lembaga PAUD Al-Azhaar Kota Lubuklinggau telah mengpilemntasikan metode Iqro‟ Al Mansury dalam meningkatkan pemahaman anak dalam membaca Al-Qur‟an. Metode ini telah diterapkan sejak satu tahun terakhir. Dari hasil penelitian bahwa anak lebih bersemangat untuk belajar menggunakan buku Iqro‟ Al Mansury karena didalamnya terdapat metode talaqi dan mandiri serta penggabungan games dan lagu, membuat anak lebih cepat memahami huruf hijaiyah dan lebih cepat membaca Al-Qur‟an.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode, PAUD dan Pemahaman. | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:33 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year