YATI, SUSI JUNI (2025) PENERAPAN METODE TALAQQI DAN MUROJAAH DALAM MEMBIASAKAN ANAK MENGHAFA SERTA MENJAGA HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK DI TK IT AR-RAIHAN KOTA PAGAR ALAM. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (910kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (594kB) | Preview |
|
![]() |
Text (TESIS)
SUSI JUNI YATI_2323750016.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran metode memiliki peran yang sangat penting begitu pun dalam proses menghafal dan mempertahankan hafalan surat-surat pendek. Metode juga menjadi hal yang sangat penting, sehingga metode harus menjadi perhatian serius ketika dalam proses menghafal surat-surat pendek, dan hal inilah yang dilakukan oleh TK IT Ar-Raihan dalam program tahfidz yang dijalankan, proses menghafal dan mempertahankan hafalan surat-surat pendek peserta didik menggunakan metode talaqqi dan murajaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pembiasaan menghafal dan penjagaan hafalan surat-surat pendek dan bagaimana penerapan metode talaqqi dan murajaah beserta faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal dan menjaga hafalan surat-surat pendek di TK IT Ar-Raihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini ditemukan bahwa pembiasaan menghafal dan menjaga hafalan surat-surat pendek di TK IT Ar-Raihan telah dilakukan sejak awal berdirinya sekolah tersebut dan dinilai sangat efektif dalam pencapaian program hafalan surat-surat pendek. Adapun proses menghafal dengan metode talaqqi dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu, persiapan, pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan evaluasi sedangkan metode murajaah dilakukan dengan kegiatan pembiasaan seperi shalat dhuha, pembacaan surat-surat pendek sebelum belajar dan pada akhir pembelajaran. Adapun faktor pendukung dalam kedua metode ini yaitu meliputi komitmen dan kerja sama yang solid antara semua pihak, dukungan orang tua, fasilitas yang memadai, serta penggunaan media pembelajaran yang efektif sedangkan faktor penghambat yaitu perbedaan tingkat kemampuan dan semangat anak-anak dalam mengulang hafalan.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | embiasaan menghafal dan menjaga hafalan, Surat-surat Pendek, Talaqqi dan Murajaah | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year