PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK

Downloads

Downloads per month over past year

VIOLITA, YURIZA (2025) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN YURIZA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
YURIZA VIOLITA_2011210115_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Kedisiplinan siswa, yang mencakup kepatuhan terhadap aturan sekolah, ketepatan waktu, dan tanggung jawab dalam belajar, dianggap sebagai faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui koesioner untuk mengukur tingkat kedisiplinan siswa dan dokumentasi hasil belajar sebagai indikator prestasi akademik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu madrasah, dengan sampel sebanyak 60 siswa yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa dan hasil belajar Akidah Akhlak. Semakin tinggi tingkat kedisiplinan siswa, semakin baik hasil belajarnya. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan program pelatihan disiplin untuk mendukung prestasi belajar siswa secara optimal. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki hasil belajar yang baik, namun terdapat beberapa siswa dengan nilai di bawah rata-rata. Observasi mengungkapkan bahwa ada hubungan positif antara tingkat kedisiplinan siswa dan motivasi belajar mereka. Kedisiplinan yang tinggi memberikan kontribusi pada suasana belajar yang efektif, sedangkan kurangnya kedisiplinan dapat mengganggu proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi penulis, guru, siswa, dan peneliti selanjutnya dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak dan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorAsvio, Nova198901162020122007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan siswa, hasil belajar, Akidah Akhlak
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:50
Last Modified: 07 Oct 2025 03:50
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5836

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year