Khoiria, Faridatul (2025) Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI di MAS Darussalam Kota Bengkulu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
FARIDATUl KHOIRIA_2111220055.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas XI di MAS Darussalam. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya penguasaan kosakata bahasa Arab yang memengaruhi kemampuan siswa dalam memahami teks, berbicara, menulis, dan mendengarkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 13 orang, dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes kosakata, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 3000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi yang menghasilkan persamaan Y = -30406 + 00224X dengan nilai signifikansi sebesar 00022 (< 0005), yang berarti hipotesis nol (H ) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Analisis deskriptif menunjukkan rata-rata skor kuesioner sebesar 52012 dengan simpangan baku 3081, yang mengindikasikan bahwa capaian siswa berada pada kategori cukup baik, meskipun terdapat perbedaan pemahaman yang cukup mencolok antar siswa. Selain itu, penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan, antara lain kurang meratanya pemahaman siswa terhadap kosakata yang diperkenalkan, keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran, serta kejenuhan siswa dengan kemampuan tinggi akibat kurangnya variasi media. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi hambatan tersebut meliputi penerapan pendekatan diferensiasi, pemanfaatan media tambahan seperti kartu kosakata, gambar, dan video singkat, serta strategi kolaboratif dalam bentuk diskusi kelompok kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | metode demonstrasi, penguasaan kosakata, bahasa Arab | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year