Sa’adah, Cindi Shofiatus (2025) Pengaruh Pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap ketrampilan membaca Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Plus Ja-alhaq Kota Bengkulu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
CINDI SHOFIATUS SA'ADAH_2111220051.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap keterampilan qiro’ah jahriyah siswa kelas VIII SMP Plus Ja- Alhaq Kota Bengkulu, serta mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab melalui penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre- eksperimen dan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa, dengan teknik pengumpulan data berupa tes lisan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata, yaitu dari 26,51 pada pretest menjadi 14,32 pada posttest. Uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan data berdistribusi normal (p > ,,,4), sehingga dilanjutkan dengan uji paired sample t-test yang memperoleh nilai signifikansi ,,,,2 (< ,,,4). Hasil tersebut menegaskan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap keterampilan membaca jahriyah siswa kelas VIII SMP Plus Ja-alHaq. Namun demikian hasil observasi menunjukkan bahwa siswa masih mengalami sejumlah kesulitan, khususnya dalam pelafalan huruf yang memiliki kemiripan makhraj, penerapan intonasi, serta penguasaan kosakata dasar. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat dipandang sebagai salah satu model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan qiro’ah jahriyah dengan catatan diperlukan bimbingan intensif dari guru untuk membantu siswa mengatasi kendala yang muncul dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share, Maharoh qiro’ah Jahriyah | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2025 04:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2025 04:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year