SARI, IIS NOPITA (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, DAN EXPLAIN) DENGAN PENDEKATAN LITERASI SAINS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS VII DI SMP NEGERI 14 KAUR. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (214kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
IIS NOPITA SARI_1911260031.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik dan tidak adanya ketersediaan LKPD sebagai bahan ajar, sehingga berdampak pada kurangnya keaktifan dan ketertarikan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis POE (Predict, Observe dan Explain) dengan Pendekatan Literasi Sains pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan yang layak dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini terbatas hanya sampai tahap D-3, yaitu tahap 1 define (pendefinisian), tahap 2 design (perencanaan), dan tahap 3 develop (pengembangan). Pengujian pada produk dilakukan 2 tahap, yaitu uji kelayakan dan uji kepraktisan. Uji kelayakan dilakukan oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli media dengan memberikan angket validasi LKPD kepada setiap ahli. Uji kepraktisan dilakukan oleh 2 orang guru dan 20 orang siswa di SMP Negeri 14 Kaur dengan memberikan angket uji respon pengguna kepada setiap responden. Hasil uji kelayakan yaitu ahli materi 88,6%, ahli bahasa 91%, dan ahli madia 96,8% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil uji kepraktisan yaitu respon siswa 92% dan respon guru 98,3% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis POE sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar IPA dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Predict, Observe, Explain, 4D | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Oct 2025 03:56 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year