Permata, Kurnia (2024) Problematika Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Bahasa Arab Fase C di MIN 1 Bengkulu Tengah. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripspi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
KURNIA PERMATA_2011220062.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Ciri utama pada kurikulum merdeka adalah hadirnya modul ajar sebagai rencana pembelajaran. Modul ajar memiliki peranan yang sangat penting bagi guru yakni sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Melalui observasi awal terdapat beberapa problematika guru dalam menyusun perangkat ajar dalam hal ini adalah modul ajar di MIN 1 Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan guru dalam penyusunan modul ajar di MIN 1 Bengkulu Tengah, serta bagaimana Upaya mengatasi problematika yang muncul pada saat penyusunan modul ajar. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitan ini adalah guru bahasa Arab kelas V rombel. Sedangkan objek penelitannya adalah modul ajar yang telah disusun oleh guru bahasa Arab kelas V MIN 1 Bengkulu Tengah Siti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian terdapat beberapa problematika guru dalam menyusun modul ajar, yaitu (1) terdapat problematika pada tahapan menganalisis kebutuhan guru, (2) guru kesulitan dalam menentukan beberapa komponen modul ajar, (3) guru kurang mendapatkan pelatihan. Adapun upaya guru dalam mengatasi problematika tersebut, yaitu (1) dengan mengunduh buku paket kurmer, (2) guru meningkatkan pemahamannya mengenai komponen modul ajar, (3) guru belajar secara mandiri mengenai penyusunan modul ajar kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 08:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2024 08:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3477 |
Actions (login required)
View Item |