Problematika Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Bahasa Arab Fase C di MIN 1 Bengkulu Tengah

Downloads

Downloads per month over past year

Permata, Kurnia (2024) Problematika Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Bahasa Arab Fase C di MIN 1 Bengkulu Tengah. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripspi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
KURNIA PERMATA_2011220062.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ciri utama pada kurikulum merdeka adalah hadirnya modul ajar sebagai rencana pembelajaran. Modul ajar memiliki peranan yang sangat penting bagi guru yakni sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Melalui observasi awal terdapat beberapa problematika guru dalam menyusun perangkat ajar dalam hal ini adalah modul ajar di MIN 1 Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan guru dalam penyusunan modul ajar di MIN 1 Bengkulu Tengah, serta bagaimana Upaya mengatasi problematika yang muncul pada saat penyusunan modul ajar. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitan ini adalah guru bahasa Arab kelas V rombel. Sedangkan objek penelitannya adalah modul ajar yang telah disusun oleh guru bahasa Arab kelas V MIN 1 Bengkulu Tengah Siti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian terdapat beberapa problematika guru dalam menyusun modul ajar, yaitu (1) terdapat problematika pada tahapan menganalisis kebutuhan guru, (2) guru kesulitan dalam menentukan beberapa komponen modul ajar, (3) guru kurang mendapatkan pelatihan. Adapun upaya guru dalam mengatasi problematika tersebut, yaitu (1) dengan mengunduh buku paket kurmer, (2) guru meningkatkan pemahamannya mengenai komponen modul ajar, (3) guru belajar secara mandiri mengenai penyusunan modul ajar kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorIlyas, Muhammad Azzizullah1984060720190310002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 04 Nov 2024 08:24
Last Modified: 04 Nov 2024 08:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3477

Actions (login required)

View Item View Item