EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

YANTI, FITRI (2025) EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text (TESIS)
FITRI YANTI_2223540005_compressed2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode hypnoteaching dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa, serta dominannya penggunaan metode konvensional dalam pembelajaran. Hypnoteaching sebagai metode inovatif memadukan teknik relaksasi, afirmasi positif, dan visualisasi yang diarahkan untuk menyentuh aspek afektif dan bawah sadar siswa agar lebih siap dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas VII.B sebagai kelompok eksperimen dan VII.C sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi belajar, tes prestasi belajar (pre-test dan post-test), serta observasi aktivitas belajar. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t (independent sample t-test), serta gain score untuk mengukur peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada motivasi dan prestasi belajar siswa kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Rata-rata skor motivasi meningkat dari 71,9 menjadi 83,7 dengan gain score 11,8, dan prestasi belajar meningkat dari 71,5 menjadi 84,1 dengan gain score 12,6. Nilai signifikansi uji-t untuk kedua variabel adalah p < 0,05. Temuan ini memperkuat bahwa metode hypnoteaching efektif dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, meningkatkan keterlibatan emosional siswa, serta berdampak pada pencapaian akademik.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorAlimni, Alimni197504102007102005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: hypnoteaching, motivasi belajar, prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam, kuasi eksperimen
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:23
Last Modified: 02 Oct 2025 08:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5676

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year