Pengaruh Kelancaran Membaca Al-Quran Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Rosmani Kota Bengkulu

Downloads

Downloads per month over past year

Rismawati, Elyya (2025) Pengaruh Kelancaran Membaca Al-Quran Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Rosmani Kota Bengkulu. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ELYYA RISMA WATI_2111220059.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kelancaran membaca Al-Qur’an terhadap minat belajar Bahasa Arab pada siswa kelas VIII di MTs Roudlotul Rosmani Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an, yang erat kaitannya dengan penguasaan fonetik dan pemahaman bahasa Arab, dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan minat dalam mempelajari Bahasa Arab sebagai mata pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan teknik pengambilan sampel secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur minat belajar Bahasa Arab dan tes kelancaran membaca Al-Qur’an. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kelancaran membaca Al-Qur’an terhadap minat belajar Bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 06621 yang lebih besar dari taraf signifikan 0605. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kelancaran membaca Al-Qur’an bukan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi minat belajar Bahasa Arab siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin lebih relevan terhadap peningkatan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorHariyanto, Nur199109082020121006UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kelancaran Membaca Al-Quran, Minat Belajar Bahasa Arab, Kuantitatif
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:44
Last Modified: 07 Oct 2025 07:44
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5851

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year